Keren! Pendaftaran Angkut Motor Gratis Dibuka, Ini Jadwal & Rutenya


Pendaftaran angkutan motor gratis (Motis) pada masa angkutan lebaran tahun 2020 sudah dibuka. Kuota program ini bertambah dibandingkan tahun 2019 lalu.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Ditjen Perkeretaapian, Danto Restyawan, menjelaskan bahwa hal ini sejalan dengan animo masyarakat yang cukup tinggi dari tahun ke tahun. Ia menyebut, pada tahun 2019 kuota Motis berjumlah 18.096 unit motor.

"Tahun 2020 kuota yang disediakan 19.136 motor, ada peningkatan seribu lebih. Untuk masa pengangkutan selama 13 hari yaitu 7 hari sebelum lebaran dan 6 hari setelah lebaran dengan tiga perjalanan KA setiap hari," ujarnya dalam konferensi pers di kantornya, Senin (2/3/20).


Di menjelaskan bahwa jadwal pendaftaran sudah dibuka secara online mulai tanggal 26 Februari - 14 Mei 2020 melalui website mudikgratis.dephub.go.id. Selain itu, pendaftaran juga bisa dilakukan langsung di stasiun yang ditunjuk di wilayah Jabodetabek dan Bandung mulai tanggal 26 Februari - 28 April 2020.


Untuk pendaftaran langsung, lokasi yang ditentukan yakni di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Depok Baru, Tangerang, Cimahi dan Kiara Condong.

Selanjutnya, bisa juga melalui pendaftaran langsung di stasiun yang ditunjuk di daerah mulai tanggal 16 Maret- 28 April 2020, yakni Stasiun Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Mojokerto, Madiun, Purwosari dan Lempuyangan.

Sementara untuk pengangkutan motor dilaksanakan tanggal 16 - 22 Mei 2020 dan 27 Mei - 1 Juni 2020, dan masa tiket penumpangnya 17 - 23 Mei 2020 dan 28 Mei - 2 Juni 2020. Hal ini dilakukan agar motor datang terlebih dahulu ke lokasi, baru penumpangnya.

"Diatur sedemikian rupa antara kedatangan motor dengan penumpangnya tidak terlalu lama. Penumpang turun dari stasiun sudah bisa langsung mengambil motornya. Seperti tahun sebelumnya setiap satu motor yang didaftarkan untuk motis akan mendapatkan bantuan kemudahan membeli tiket 2 penumpang dewasa dan 1 balita," bebernya.

Selain itu, untuk tahun ini, pengambilan motor di wilayah Jabodetabek bisa diambil di stasiun tempat pendaftaran berbeda dengan tahun lalu, yang harus diambil ke Stasiun Jakarta Gudang.

Terdapat tiga lintas layanan angkutan Motis tahun ini, yaitu:

1. Lintas Utara dengan relasi Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Pasar Turi, dengan stasiun singgah: Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat dan berakhir di Stasiun Pasar Turi dengan kapasitas maskimal 504 motor per hari.

2. Lintas Layanan Selatan 1 dengan relasi Jakarta Gudang-Stasiun Kutoarjo (PP), dengan stasiun singgah: Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang/Lemah Abang, Cimahi, Kiara Condong, Sidereja, Kroya, Gombong, Kebumen dan berakhir di Kutoarjo dengan kapasitas maksimal 464 motor per hari.

3. Lintas Selatan 2 dengan relasi Jakarta Gudang-Stasiun Pasar Turi (PP) dengan stasiun singgah: Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang/Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, dan berakhir di Stasiun Pasar Turi dengan kapasitas maksimal 504 motor per hari.

Sementara untuk tiket penumpang telah disiapkan khusus bagi peserta mudik dengan Motis sejumlah 62.540 tempat duduk yang terbagi dalam 25 KA PSO dan Ekonomi Komersil sebagai berikut:

1. KA Matarmaja (Pasar Senen - Malang);
2. KA Brantas (Pasar Senen - Blitar);
3. KA Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi);
4. KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar);
5. KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari);
6. KA Kutojaya Utara (Pasar Senen - Kutoarjo)
7. KA Tawangjaya (Pasar Senen -Semarang Poncol);
8. KA Kutojaya Selatan (Kiaracondong - Kutoarjo);
9. KA Serayu (Pasar Senen - Purwokerto);
10. KA Serayu (Pasar Senen-Purwokerto);
11. KA Pasundan (Kiaracondong-Surabaya Gubeng);
12. KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen - Surabaya Gubeng);
13. KA Progo (Pasar Senen - Lempuyangan);
14. KA Kutojaya Utara Tambahan Lebaran (Pasar Senen-Kutoarjo);
15. KA Matarmaja Lebaran (Pasar Senen - Malang);
16. KA Pasundan Lebaran ( Kiaracondong - Surabaya Gubeng);
17. KA Kertajaya Lebaran (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi);
18. KA Gajahwong (Pasar Senen - Lempuyangan);
19. KA Singasari (Pasar Senen - Blitar);
20. KA Majapahit (Pasar Senen - Malang);
21. KA Jayabaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi);
22. KA Logawa (Purwokerto - Jember);
23. KA Menoreh (Semarang Tawang - Jakarta Kota);
24. KA Jaka Tingkir (Pasar Senen - Purwosari);
25. KA Jayakarta (Surabaya Gubeng - Jakarta Kota).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel